Mak Inah Gagal Ke Mekkah

My Office 23 December 2015

Kisah yang saya tuliskan ini adalah kisah nyata,semoga kita semua bisa mendapatkan pelajaran dari kisah ini dan semoga meski Mak Inah (bukan nama sebenarnya) gagal ke Mekkah ALLAH memberikan ganti yang lebih baik
Mak Inah adalah seorang nenek yang tinggal di lereng kaki gunung singgalang ,umurnya sudah mendekati 70 tahun, Mak Inah tinggal dikampung ini dengan anak bungsunya yang bekerja sebagai petani, 4 anak Mak Inah merantau di Ibu kota

Mak Inah nenek-nenek biasa,seorang nenek yang suka ngomong berulang-ulang kali,gak sabaran kalau ngasih perintah maunya langsung dituruti, suka complain sama gaya hidup anak sekarang yang mulai meninggalkan adat minang “Adaik basandi syarak,syarak basandi kitabullah”

Mak Inah punya satu mimpi,mimpi yang sama yang juga dimiliki oleh semua umat muslim di seluruh dunia “Berkunjung ke Rumah ALLAH, menunaikan ibadah Haji”Rukun Islam ke 5, tetapi Mak Inah juga sadar diri,mimpi ini rasanya amat sangat sulit untuk diwujudkan,masa tunggu haji saat ini bisa 10 tahun, artinya saat itu umur Mak Inah sudah 80 tahun,dan juga butuh uang banyak untuk bisa naik haji

Bagi yang ingin pergi haji namun terkendala biaya dan kuota,berangkat umroh bisa menjadi solusi,meski menjadi haji kecil,namun kerinduan bertemu dengan rumah ALLAH dapat dipenuhi,tapi lagi-lagi mak inah pun tak berani bermimpi untuk pergi umroh ,karena biaya untuk umroh saat ini mencapai 25 juta.

Di tahun 2013, beberapa warga kampung kami berangkat umroh dengan harga yang bersahabat dan pelayanan yang memuaskan,cerita tentang keberhasilan keberangkatan ditahun 2013 berlanjut dengan keberhasilan untuk keberangkatan tahun 2014 Mawar (Bukan nama sebenarnya) mulai mendapatkan predikat kordinator umroh yang trusted dikampung kami,perjalanan umroh yang ditawarkan Mawar memang murah Rp 13.500.000 dan pelayanan yang diberikan memuaskan

Keberhasilan Mawar, membuat warga kampung kami pun tertarik untuk mengikuti umroh bersama Mawar, skema yang ditawarkan Mawar cukup menarik
Uang umroh dibayarkan satu tahun di awal dan keberangkatan dijadwalkan ditahun berikutnya  (Pembayaran dilakukan di November 2014, untuk keberangkatan Desember 2015)
Mak Inah mendengar kabar ini,dan tertarik untuk mengikuti umroh bersama Mawar,demi sebuah mimpi bisa berangkat ke tanah suci Mekkah Mak Inah pun rela membobol tabungan yang selama ini dimiliki,serta menjual harta yang ada.

November 2014 Mak Inah melakukan pendaftaran umroh dan mulai melakukan persiapan untuk menuju Tanah Suci Mekkah,sholat wajib,sholat sunnah, mengaji, semua dilakukan oleh mak Inah,tujuannya hanya satu menuju Tanah Suci Makkah

Saat yang lain bicara tentang apa yang akan dibeli di tanah suci Makkah nanti, Mak Inah hanya bilang
“aden ndak ka mambali apo-apo ado,aden ka baibadah sen disitu, kok mati kok ka iduik den sudah ko,,aden rela (saya gak akan membeli apapun disana, biarlah saya beribadah selama disana, setelah itu entah mau meninggal atau hidup saya rela
Mak Inah bersabar dalam penantiannya selama satu tahun,bayangan akan indahnya Kabah,syahdunya Madinah,sudah dipelosok mata,mimpi itu sedikit lagi akan menjadi nyata

“12 Desember 2015”tanggal ini adalah tanggal keberangkatan yang ditentukan untuk Mak Inah,hatinya senang bukan terperi,mimpi itu sejengkal lagi menjadi nyata.

11 Desember 2015
Mak Inah sudah sampai di Jakarta,siap dengan segala pernak-pernik keberangkatan nya,doa-doa sudah dihapalkan,pakaian sudah dipacking, rasanya jika dia bisa mempercepat waktu mak Inah ingin hari segera berganti
15:00
“Jamaah umroh yang terhormat dikarenakan kendala teknis dan ketidaktersediaan hotel dimadinah perjalanan umroh untuk tanggal 12 desember kami undur menjadi tanggal 17 desember, kami mohon maaf untuk kenyamanan ini “
Sebaris SMS dari travel umroh tersebut,,membuat Mak Inah hanya bisa pasrah , ternyata keberangkatan mereka ditunda,mimpi yang sudah diujung mata mendadak terasa jauh,namun Mak Inah tak patah semangat,Mak Inah masih berharap tanggal 17 desember bisa berangkat

13-17 Desember 2015
Hati Mak Inah mulai tak karuan, karena travel tak juga memberikan penjelasan mengenai waktu keberangkatan, Mawar sang kordinator pun tak bisa di hubungi, mimpi itu semakin jauh,bayang bayang bahwa Mak Inah korban penipuan mulai membayangi pikirannya…

21 Desember 2015
Perusahaan Penyelenggara Umroh disinyalir melakukan penipuan 1030 jamaah gagal berangkat 
Headline news di media-media massa,ya kawan ada 1030 orang yang menjadi korban dan 300 diantaranya adalah warga kampung kami, dan dari 300 orang itu salah satunya adalah Mak Inah seorang nenek dari Kototuo yang bermimpi untuk berkunjung ke Tanah Suci

Mawar sang koordinator ternyata  pecah kongsi dengan Anggrek (Mereka berdua selama ini yang menjalankan pemberangkatan umroh dengan biro perjalanan murah dan alhamdulillah berhasil) Mawar bekerja sama dengan biro perjalanan lain,dan mendaftarkan warga kampung kami yang tidak paham bahwa Mawar dan Anggrek pecah kongsi ke biro perjalanan lain,yang Mak Inah dan warga kampung kami pahami adalah 
Mawar dan Anggrek adalah sama, jika mereka mendaftar ke Mawar artinya mereka akan menggunakan biro perjalanan umroh yang selama 2 tahun ini sudah digunakan oleh warga kampung kami Namun kenyataan yang terjadi Jika mendaftar melalui Mawar,maka akan dipindahkan kebiro perjalanan lain yang bekerjasama dengan Mawar 
Mak Inah gagal berangkat ke Mekkah,mimpi-mimpinya buyar dan kandas karena ulah orang tak bertanggung jawab,hanya menangis dan pasrah yang bisa dilakukan oleh Mak Inah
ALLAH lah nan ka tau,baa a rasonya ibo hati den,,apo salah den makonyo ditipu saroman ko,,tega urang mampadutoi den, den kureh ameh jo tabungan den,, ditipu nyo den,, bialah ALLAH nan mambaleh nyo  (Biarlah hanya ALLAH yang tahu bagaimana rasanya sedih hati ini,apa salah saya hingga ditipu seperti ini,kok orang tega membohongi saya, saya kuras emas dan tabungan saya,kemudian saya ditipu biarlah ALLAH yang membalas semuanya..
Mimpi Mak Inah dan juga ratusan warga kampung saya kandas,,mereka yang berangkat dari kampung dengan doa doa untuk keselamatan selama ditanah suci harus pulang dengan kecewa,pulang dengan perasaan hancur karena dibohongi oleh orang-orang yang tidak bertanggungjawab..
Saya percaya ALLAH punya rahasia dan cerita yang lebih baik untuk Mak Inah, meski Mah Inah gagal ke Mekkah,,semoga ALLAH mencatat kebaikan yang dilakukan Mak Inah ribuan kali lebih baik dari orang-orang yang pernah ke Mekkah,semoga ALLAH memberikan ganti yang lebih baik,semoga ALLAH mengganti setiap tetes air mata dan pengorbanan Mak Inah,
Semoga tidak ada lagi penipuan dari biro perjalanan umroh di negeri ini , saya sungguh tidak mengerti ketamakan manusia, dimana hati nurani mereka,,tega membohongi Mak Inah dan warga kampung kami yang polos dan tidak mengerti bahwa dunia ini penuh dengan orang orang berhati culas,orang orang yang serakah dan rela melakukan segala cara demi dunia

  
Salam 
-Putri-

My Office 23 December 2015 Kisah yang saya tuliskan ini adalah kisah nyata,semoga kita semua bisa mendapatkan pelajaran dari kisah ini...

Gojek Menebar Manfaat Atau Mudharat (*Save Gojek

Jum'at 18 Desember 2015

Selamat Siang Kawan,,,
Headline news berita hari ini 
Pemerintah resmi larang  Layanan Ojek Online Beroperasi
Fuih,, entah dagelan apa lagi yang sedang dimainkan negeri ini ,,sungguh saya lelah dengan 1001 drama di negeri tercinta ini setelah urusan Papa minta saham, Prostitusi NM & PR,, berita pagi ini tentang larangan ojek online benar -benar luar biasa,,
Saya adalah pekerja yang setiap hari harus menempuh perjalanan 5 jam melewati kemacetan jakarta yang semakin menggila,, dan kehadiran gojek bagi saya seperti oase di padang pasir,,bayangkan aja dengan gojek yang hanya 15 ribu untuk sekali jalan,, saya bisa mengurangi waktu macet saya hampir 2 jam setiap hari .
Menurut berita yang saya baca gojek dilarang karena tidak mematuhi standar keselamatan penumpang,, dalam agama yang saya anut ,kita diminta untuk melihat dua sisi manfaat dan mudharat,,

Sebagai rakyat jelata , yang selama 6 bulan terakhir ini menjadi pengguna setia gojek,inilah manfaat gojek dimata saya

1) Alternatif Transportasi  
Kemacetan jakarta semakin menggila,terlebih lagi dengan pembangunan jalan layang yang dilakukan serentak di setiap pojok jakarta,dan diperburuk dengan angkutan umum yang semakin gak layak,,ngebut sembarangan ,,copet yang mengincar,,dan bau ketek penumpang disore hari,, 

Perjalanan pulang pergi kantor buat saya tu bener-bener perjuangan, rasanya pengen dirumah aja tapi apa daya cicilan yang harus dibayar menunggu,, #abaikancurhat ini

Kehadiran gojek ,bagai oase di padang pasir, dengan adanya gojek saya gak perlu lagi naik angkutan umum dan ngerasa deg-degan di incar copet setiap hari,saya terbebas dari pengamen yang selalu memaksa recehan dari penumpang,,

Dengan adanya gojek, saya mengurangi moment mengeluh setiap hari karena kemacetan dan 1001 kelakuan aneh angkutan umum
Gojek hadir sebagai alternatif transportasi bagi saya yang frustasi dengan kondisi jalan raya jakarta, memang benar saya harus membayar lebih mahal,tapi itu sebanding dengan kenyamanan yang saya dapatkan 
2) Merubah kehidupan banyak orang  
Saat saya menggunakan gojek, terkadang saya suka  ngajak ngobrol driver gojek,,dan semua sepakat bahwa sejak menjadi pengemudi gojek, kehidupan mereka jauh lebih baik,,saya pernah bertemu dengan seorang laki-laki yang bekerja double job, saat pagi dia akan kerja kantoran, dan setelah selesai bekerja dia akan menjadi pengemudi gojek, hasil dari bawa gojek digunakan untuk biaya hidup dan gaji nya utuh ditabung untuk biaya pernikahan dengan sang kekasih 

Saya pernah menuliskan di sini ,tentang udin tetangga saya, laki-laki yang dianggap mempunyai masa depan yang suram dan gak punya harapan,,dan semuanya berubah dengan hadirnya gojek. 
Gojek hadir memberi harapan bagi mereka yang menjadi pengangguran, kehilangan pekerjaan karena krisis ekonomi,bahkan merubah looser menjadi winner  
 3) Merubah hidup menjadi lebih mudah
Salah satu layanan gojek yang amat sangat memudahkan hidup saya adalah"Go Food" dengan adanya layanan ini jika kita ingin berbelanja makanan gak perlu lagi keluar rumah, naik turun angkot,ngantri, cukup gunakan smartphone anda, pilih makanan yang di inginkan,,dan driver gojek siap mengantarkan makanan anda,,
Hidup menjadi lebih mudah dengan adanya teknologi ini, waktu yang terbuang untuk perjalanan membeli makanan bisa digunakan untuk kegiatan lain yang lebih bermanfaat, 
Memang tak selamanya gojek itu menyenangkan,saya pernah mendapatkan driver yang ngebut, bawa kendaraan sambil pegang hape, bahkan gak tahu jalan,tapi semua itu hanya 10 % dari hal baik yang diberikan gojek untuk saya

6 bulan saya menjadi pengguna gojek,dan gak pernah berpaling ke aplikasi lain,karena jujur saya merasa berhutang budi ke pada bapak Nadim,,Nadim dengan inovasinya telah memberikan banyak kemudahan dalam hidup saya,menyelamatkan saya dari semua kegilaan ini,,
Saya berharap berita ini hanya drama belaka yang dilakukan oleh pemerintahan kita, entah apa yang sulit dengan merevisi undang-undang yang menjadi dasar dari pelarangan ini ,, apakah pemerintah tidak berpikir tentang berapa banyak orang yang akan kehilangan pekerjaan, investasi triliunan rupiah yang sudah dikeluarkan oleh perusahaan,dan berapa banyak keluhan yang akan kembali terlontar dari warga yang selalu mengeluh seperti saya,,

Salam
-Putri Rizkia- 

Jum'at 18 Desember 2015 Selamat Siang Kawan,,, (Image From Here Headline news berita hari ini   Pemerintah resmi larang ...

Investasi Bareng Pacar Yes Or No

My Office 11 Desember 2015

Selamat Siang,,Good People  Happy Friday,(*ala ala net TV 

Happy Friday,, Udah Jum'at lagi,, 20 hari menjelang 2016,, (smile)

Disini siapa yang punya pacar dan udah komitmen buat nikah,,, (*yang jomblo gak usah ngacung ya,,,) 
Biasanya nih ya,, saat kita pacaran,,dan udah menemukan seseorang yang tepat langkah berikutnya adalah menjalin komitmen kearah yang lebih serius  apalagi kalau bukan pernikahan, impian setiap orang yang jatuh cinta,, adalah hidup dalam ikatan pernikahan,,

Untuk mencapai sebuah pernikahan ,pastinya harus ada resepsi,,dan ketika ada resepsi pastinya ada apa saudara-saudara,,, HARUS ADA UANG,,, ya hidup ini selalu berujung pada kata uang,,dan materi (fuih)

Resepsi itu butuh uang,,dan uangnya gak banyakk bisa puluhan hingga ratusan juta, biasanya yang dilakukan untuk memenuhi kebutuhan resepsi nanti adalah investasi bersama,,supaya kedua belah pihak memiliki tanggung jawab untuk tujuan masa depan ,dan sama-sama semangat dalam komitmen yang di jalani,,

Tapi sebelum mulai berinvestasi ada baiknya mempertimbangkan hal-hal berikut 

1) Pikirkan Resiko Terburuk
Saat kita menjalani suatu  komitmen dan bertujuan untuk menikah, terkadang cinta, komitmen , investasi dan semua perjuangan itu belum tentu sebuah jaminan bahwa kita dan pasangan akan ditakdirkan bersama dalam ikatan pernikahan.

Saat memulai investasi bersama buat kesepakatan antara kedua belah pihak terlebih dahulu, mengenai pembagian harta gono gini, saat hubungan ini berakhir, apakah akan dibagi dua  atau dibagi sesuai dengan penempatan masing-masing pribadi diawal  

Investasi pasti memiliki resiko jangan lupa untuk mempertimbangkan risiko, apakah saat putus risiko akan ditanggung bersama, atau ditanggung oleh satu pihak  
Hidup itu harus optimis, tapi terkadang mempertimbangkan hal terburuk itu penting untuk mempersiapkan diri atas berbagi kemungkinan, jika suatu saat hubungan berakhir berpikirlah dengan tenang mengenai "kelanjutan dari investasi yang dijalankan bersama" 

2) Catat berapa penempatan investasi
Biasanya nih ya,,saat pacaran itu .. "harta kamu harta aku juga,, " tapi ingat point pertama "resiko terburuk itu selalu ada " jadi buatlah satu buku catatan yang menuliskan dengan jelas berapa uang kamu, dan juga berapa uang pasangan kamu. 

Selain menuliskan berapa nilai yang disetor jika investasi dilakukan dalam bentuk saham,reksadana ataupun emas , tulis juga berapa nilai yang ditempatkan (nilai perunit yang dimiliki masing-masing) 
Menuliskan nilai buku pada saat penempatan sebagai acuan untuk mengetahui apakah investasi yang dilakukan bersama mendapatkan keuntungan ataupun kerugian ,selain itu juga untuk memudahkan pada saat pembagian harta gono gini , berapa nilai yang harus dikembalikan pada saat terjadi pemutusan hubungan percintaan  

3) Sebaiknya tidak berinvestasi dalam bentuk properti  
Saya tidak menganjurkan untuk berinvestasi dalam bentuk properti, karena jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan,,pembagian harta gono gini untuk properti itu termasuk sulit terlebih jika rumah dibeli dalam bentuk KPR , maka yang akan jadi masalah saat putus adalah,,
Siapa yang akan membayar sisa cicilan yang harus dibayar setiap bulan, bagaimana proses over kredit ,jika rumah itu dibeli oleh salah satu dari pasangan rasanya sulit karena terlalu banyak kenangan yang dimiliki,bakal bikin susah move on bro... (Smile) 
Gak ada yang salah dengan investasi bersama sebelum menikah, karena dengan kita belajar untuk berinvestasi , kita juga akan belajar untuk bertanggung jawab akan komitmen yang sudah dibuat namun selalu ingat bahwa resiko terburuk selalu bisa terjadi kapan saja, siapkan diri untuk resiko terburuk , dan saat hal buruk terjadi  berpikirlah  dengan tenang mengenai kelanjutan investasi and

Selamat berinvestasi good people

Salam
-Putri Rizkia-

My Office 11 Desember 2015 Selamat Siang,,Good People  Happy Friday, (*ala ala net TV  Happy Friday,, Udah Jum'at lagi,, 20 har...

List Komentar